Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMKN 1 Bukit Sundi

Authors

  • Syaitul Baita Universitas Bung Hatta
  • Yetty Morelent Universitas Bung Hatta
  • Welya Roza Universitas Bung Hatta

DOI:

https://doi.org/10.36057/jips.v7i2.606

Keywords:

Hasil Belajar, Pembelajaran Project Based Learning, Motivasi Belajar, Menulis Cerpen

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XI  Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMKN 1 Bukit Sundi, Kabupaten Solok. Rendahnya hasil belajar tersebut disebabkan oleh kurang bervariasinya model pembelajaran yang diaplikasikan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan Model pembelajaran Konvensional dalam keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI SMKN 1 Bukit Sundi. Populasi  penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMK N 1 Bukit Sundi, Kabupaten Solok Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Kemudian, sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Kelas eksperimen adalah kelas XI RPL A dan kelas kontrol kelas XI RPL B. Anggota kelas XI RPL A adalah sebanyak 28 orang dan kelas XI RPL B juga 28 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui penggunaan instrumen penelitian yang berupa tes hasil belajar dan angket motivasi belajar. Selanjutnya data hasil belajar dianalisis menggunakan Uji-t dan Anova. Hasil penelitian adalah (1) terdapat perbedaan hasil belajar antara  yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan model konvensional pada pembelajaran menulis cerpen siswa SMK N 1 Bukit Sundi, (2) terdapat perbedaan hasil belajar antara yang menggunakan model pembelajaran Project based learning dan model konvensional yang memiliki motivasi belajar tinggi pada pembelajaran menulis cerpen siswa SMK N 1 Bukit Sundi, (3) terdapat perbedaan hasil belajar antara yang menggunakan model pembelajaran Project based learning dan model konvensional yang memiliki motivasi belajar rendah pada pembelajaran menulis cerpen siswa SMK N 1 Bukit Sundi, dan (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning dan konvensional yang diterapkan kepada siswa cukup mempengaruhi hasil belajar Bahasa Indonesia. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran Project based learning lebih dapat meningkatkan hasil belajar secara signifikan daripada model pembelajaran konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayukanti. 2017. Model Pembelajaran Project Based Learning. 6(1), 9–36.

Dalyono. M. 2012. Psikologi Pendidikan : Komponen MKDK). Jakarta : Rineka Cipta.

Furqon, 2002. Statistika Terapan untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Hartono, D. P., & Asiyah, S. 2019. PjBl Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahsiswa: Sebuah Kajian Deskritif Tentang Model Pembelajaran PjBL Dalam Meningkatkan Kreatifitas Mahasiswa.

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhammad, M. 2016. Pengaruh motivasi dalam Pembelajaran. 4(2)

Muhsin. 2015. Hasil Belajar. 39–40. http://repository.uinsu.ac.id/408/5/BAB II.pdf

Nana, Sudjana. 2002. Desain dan Analisis Eksperiment. Bandung: Tarsito.

Nurfitriani, S., Sahputra, R., & Sartika, R. P. 2016. Pengaruh Model Project-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Koloid Di SMK PGRI Pontianak. 1–8.

Ramadhani. 2019. Model Pembelajaran. 17– 52.

Surya, A. P., Relmasira, S. C., &Hardini, A. T. A. 2018. Penerapan model PembalajaranProject Based Learning (PjBL) untukmeningkatkan hasil belajar dan kreatifitassiswa kelas III SD Negeri SidorejoLor01Salatiga. 6(1), 41–54.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-08-15

How to Cite

Baita, S., Morelent, Y., & Roza, W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMKN 1 Bukit Sundi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 7(2), 68–75. https://doi.org/10.36057/jips.v7i2.606

Most read articles by the same author(s)