Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kecamatan Kuranji Kota Padang

Authors

  • Purnawati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Adabiah
  • Fera Mutia Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Adabiah

DOI:

https://doi.org/10.36057/jips.v8i2.676

Keywords:

Pengelolaan, kendala DTKS di Kecamatan Kuranji Kota Padang, Cara Mengatasi

Abstract

Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kecamatan Kuranji Kota Padang belum sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat mengenai data yang tidak singkron dengan data yang ada di DISCAPIL, ada yang sudah pindah atau meninggal tapi masih terdata untuk menerima bantuan, dan kurangnya pengawasan dari pihak yang terkait. Dalam penelitian ini ada beberapa pengelompokan dalam mengkaji dalam pengelolaan DTKS di kecamatan Kuranji kota Padang yaitu  (1) Bagaimana pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial di kecamatan Kuranji kota Padang (2) Apa kendala – kendala yang dihadapi dalam pengelolaan (DTKS) di kecamatan Kuranji kota Padang, dan (3) Bagaimana cara mengatasi kendala – kendala dalam pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di kecamatan Kuranji Kota Padang. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui Pengelolaan Data Tepadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di kecamatan Kuranji kota Padang. Metodologi yang peneliti pakai yaitu dengan pendekatan Kualitatif Analisis Deskriptif, sumber data Primer dan Sekunder. Teknik penentuan sampelnya Perposive Sampling serta menggunakan teknik pengumpulan datanya melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Kendala yang peneliti temukan yaitu perencanaan yang kurang baik dalam pengusulan data, tata kelola pengorganisasian yang kurang baik, lambatnya dalam menetapkan maupun memberikan informasi, dan kurangnya pengawasan dalam pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di kecamatan Kuranji kota Padang. Dalam kendala – kendala yang ada peneliti memberikan pandangan sebagai cara untuk mengatasi kendala – kendala tersebut yaitu menempatkan dan memfasilitasi petugas yang mempunyai keahlian dan kinerja secara professional (Planning), membuat tata kelola pengorganisasian yang jelas dalam menjalankan suatu pekerjaan pada petugas pengelola Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) (Organizing), serta membuat evaluasi kinerja (Actuating ) dan pengawasan (Controlling) terhadap pencapaian hasil yang dilakukan oleh petugas – petugas pengelola Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di kecamatan Kuranji kota Padang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Purnawati, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Adabiah

Ilmu Administrasi Negara

Fera Mutia, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Adabiah

Ilmu Administrasi Negara

References

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi V. Jakarta : Rineka Cipta.

Anggara Sahya. 2016. Ilmu Administrasi Negara (Kajian konsep, teori, dan fakta dalam upaya menciptakan Good Governance). Bandung: CV Pustaka Setia.

Harsolong, Harbani. 2007. Teori Administrasi Publik. Makasar : CV.Alfabeta.

Hidayat, Syah. 2010. Pengantar Umum Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Verivikatif. Pekanbaru : Suska Pers.

Herdiansyah. 2011. Metode Penetitian Kualitatif Untuk Ilmu – Ilmu Sosial. Jakarta : Salemba Humanika.

R.Terry, George.2021. Dasar – Dasar Manajemen, Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara

Raco J.r. 2010. Metode Penelitian Kualitatif; Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan, Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Winarno, Budi. 2007. Kebijakan Publik. Yogyakarta : Media Presindo

Dolet Dominikus Unaradjan. 2019. Metode Penelitian Kuanlitatif. Jakarta: Cipinang Muara.

Kementerian Sosial Republik Indonesia. 2020. Reformasi Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Pusat Data dan Informasi Kementerian Sosial.

Mirza Said Pahlevi dkk. 2020. Reformasi Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial.

Astuti Dwi. 2021. Peran Pemerintah dalam Mewujudkan Kesejahteraan dan Kemandirian masyarakat. Jurnal ensiklopedia.

Downloads

Published

2024-08-01

How to Cite

Purnawati, P., & Mutia, F. (2024). Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kecamatan Kuranji Kota Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 8(2), 31–39. https://doi.org/10.36057/jips.v8i2.676

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.