Kontribusi Supervisi Pembelajaran dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Kota Padang

Authors

  • Erpidawati Universitas Muhammadiyah
  • Susi Yuliastanty Universitas Ekasakti

DOI:

https://doi.org/10.36057/jips.v7i3.624

Keywords:

Supervisi Pembelajaran, Motivasi Kerja, Kinerja

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat pesat seiring dengan perkembangan alat komunikasi dan informasi dimana informasi tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana supervisi pembelajaran terhadap kinerja guru, Motivasi kerja guru terhadap kinerja guru, Supervisi pembelajaran dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMP Negeri Kota Padang.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan expost facto. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri Kota Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMP Negeri Kota Padang berjumlah 179 orang. Teknik sampel yang digunakan adalah stratified proportional random sampling dengan sampel berjumlah 42 orang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan program SPSS dengan tahapan analisis deskriptif, uji persyaratan analisis dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Supervisi pembelajaran berkontribusi terhadap kinerja guru SMP Negeri Kota Padang dengan besaran kontribusi sebesar 15,8%. Motivasi kerja berkotribusi terhadap kinerja guru SMP Kota Padang dengan besaran sebesar 36,3%. Dengan demikian, motivasi kerja berkontribusi secara signifikan terhadap kinerja guru. Ini berarti semakin tinggi motivasi kerja maka semakin baik pula kinerja guru dalam melaksanakan tugasnya, dan begitu juga sebaliknya. Supervisi pembelajaran dan motivasi kerja secara bersama-sama berkontribusi terhadap kinerja guru sebesar 41,9%. Hal ini menjelaskan bahwa untuk meningkatkan kinerja guru yang baik dan ideal sebaiknya dilakukan melalui peningkatan motivasi kerja dan meningkatkan supervisi pembelajaran yang dilakukan oleh pengawas dan kepala sekolah kepada guru.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Erpidawati, Universitas Muhammadiyah

Prodi Administrasi Rumah Sakit, fakultas Kesehatan

Susi Yuliastanty, Universitas Ekasakti

Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi

References

Erpidawati, E., Usdarisman, U., & Dodi, A. (2022). Contribution to work motivation and incentives on the performance of pamong city of padang. In Imam Bonjol International Conference on Islamic Education (pp. 85-91).

Mulyasa, E. 2009. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mukhtar, M.Pd. Prof. Dr. dan Dr. Iskandar, M.Pd. 2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Nawawi, Hadari. 2006. Evaluasi dan Manajemen Kerja di Lingkungan Perusahaan dan Industri. Yogyakarta: Gajah Mada Universitas Press.

Permendiknas No. 16 Tahun 2007. Tentang Standar Kualifikasi Pendidikan dan Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas

Sutrisno, Edy. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana

Terry, George R. 2000. Prinsip-prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. 2007. Sertifikasi Guru. Jakarta. Prestasi Pustaka Publisher

Tjiptoheriyanto, Priyono & Laila Nagib. 2008. Pengembangan Sumber Daya Manusia:Di Antara Peluang dan Tantangan. Jakarta: LIPI Press

Usman, Uzer. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Winardi, 2004. Motivasi dan pemotivasian dalam Manajemen. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada

Wibowo, 2011. Manajemen Kinerja. Jakarta. Rajawali Pers

Wursanto, 1988. Manajemen Kepegawaian I. Yogyakarta: Kanisius

Yahya, 2011. Supervisi Pendidikan Metamorphosa Kepemimpinan (To Help to Change). Padang. Pascasarjana UNP

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Erpidawati, E., & Yuliastanty, S. (2023). Kontribusi Supervisi Pembelajaran dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Kota Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 7(3), 22–28. https://doi.org/10.36057/jips.v7i3.624