Mandi Balimau Sebagai Tradisi Masyarakat di Minangkabau

Authors

  • Sulis Anggraini Lopa Universitas Bung Hatta
  • Darwianis Universitas Bung Hatta
  • Etereda Beyete Universitas Bung Hatta
  • Deden Maulana Ibrahim Universitas Bung Hatta

DOI:

https://doi.org/10.36057/jilp.v7i1.611

Keywords:

Mandi Balimau, Minangkabau, Tradisi

Abstract

Balimau adalah tradisi turun temurun yang diwariskan nenek moyang Minangkabau dan biasanya dilakukan masyarakat di air sungai yang mengalir dan sekarang banyak dilakukan di tempat-tempat pemandian umum. Tradisi mandi Balimau yang dipercaya sejak dulu sampai sekarang masih banyak melakukan mandi Balimau menggunakan jeruk di sungai dan tempat pemandian untuk tujuan membersihkan diri menjelang bulan suci Ramadhan. Dulu, masyarakat  Minangkabau, Sumatera Barat ada tradisi Balimau, mandi di sungai menggunakan Jeruk membersihan diri menjelang Ramadhan. Karena ketika itu belum ada sabun untuk mandi.  Di Riau dan Lampung  juga ada tradisi mandi Taubat menjelang memasuki bulan suci Ramadhan. Tradisi Balimau semata-mata untuk membersihkan diri, sebelum memasuki bulan Puasa. Namun kini, akibat perkembangan zaman, momen  Balimau dijadikan untuk pergi main-main ke tempat wisata serta mandi mandi bertentangan dengan adat dan agama Islam. Dulu membaca atau berniat mandi Balimau dan meluruskan hati, semata-mata untuk membersihkan diri dan mensucikan jiwa memasuki  bulan Puasa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sulis Anggraini Lopa, Universitas Bung Hatta

Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Keguruuan dan Ilmu Pendidikan

References

A. Khoirul Anam (Balimau, Tradisi Menjelang Ramadhan di Ranah Minang) https://nu.or.id/warta/balimau-tradisi-menjelang-ramadhan-di-ranah-minang-2-habis-1Mb9u

Audia Nesty (Tradisi Mandi Balimau) Mahasiswi Unand Fak. Ilmu Budaya, Jurusan Sastra Minangkabau.

Dinda Febrianti (Balimau Membersihkan Diri, Bukan Mengotori) https://infopublik.sijunjung.go.id/balimau-membersihkan-diri-bukan-mengotori/.

Dream.co.id (Menjaga Kesucian Ramadan saat Mandi Balimau) https://www.dream.co.id/lifestyle/menjaga-kesucian-ramadan-saat-mandi-balimau-150706a.html.

Eri Naldi, VIVAnews.com, Padang - Balimau, Tradisi Sambut Ramadan yang Dilarang.

Febrian Fachri (Nilai Kebaikan di Balik Tradisi Balimau) https://www.republika.id/posts/26572/nilai-kebaikan-di-balik-tradisi-balimau

Gina Novia Utami, Iskandar Syah, Muhammad Basri (Tradisi Balimau pada Masayarakat Minang di Kecamatan Rajabasa Kota Bandar Lampung) FKIP Unila Jalan Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 01 Bandar Lampung.

M. Ridwan Bukhari (Advokasi Dakwah Dalam Budaya Lokal "Balimau" Menyambut Bulan Ramadhan Di Padang Sumatera Barat).

Nabila Zahra Hafizhah, Mandi Balimau (Tradisi Pensucian Diri Di Minangkabau) https://www.pinhome.id/blog/mandi-balimau-tradisi-pensucian-diri-di-minangkabau/.

Nadia Nasmita Ramadan, Mahasiswi Jurusan Sastra Minangkabau Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Andalas (Unand). Tradisi Mandi Balimau di Minangkabau.

Novie Fauziah, Jurnalis - Mandi Balimau, Tradisi Pembersihan Diri Sambut Ramadan yang Tuai Kontroversi

Oktavia Rizki Fadila Jurusan : Sastra Minangkabau Universitas Andalas (Tradisi Mandi Balimau Di Minangkabau).

Switzy Sabandar, Liputan6.com, Padang - Mandi Balimau:Tradisi Sambut Ramadan Masyarakat Minangkabau yang Sempat Tuai Kontroversi.

Zainal Abidin (Tradisi Mandi Balimau dalam Menyambut Bulan Suci Ramadan di SumatraBarat)https://www.kompasiana.com/amp/zainalabidin1453/6250fa673794d1113f000ed3/tradisi-mandi-balimau-dalam-menyambut-bulan-suci-ramadan-di-sumatra-barat

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Anggraini Lopa, S., Darwianis, D., Beyete , E., & Maulana Ibrahim , D. (2023). Mandi Balimau Sebagai Tradisi Masyarakat di Minangkabau. Jurnal Ilmiah Langue and Parole, 7(1), 16–20. https://doi.org/10.36057/jilp.v7i1.611

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.