Penggunaan Metode Mind Maping Dalam Pembelajaran Menulis Teks Drama

Authors

  • Susanti Marisya Universitas Ekasakti
  • Zuraida Chairani Universitas Ekasakti

DOI:

https://doi.org/10.36057/jips.v7i1.581

Keywords:

Mind Maping, Menulis Teks Drama

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam pembelajaran menulis teks drama. Siswa lebih menyukai untuk bermain peran dari naskah yang telah ada daripada menulis teks drama. Hal ini lah yang menjadikan pembelajaran menulis teks drama kurang diminati oleh siswa. Siswa juga kurang mampu dalam menyusun ide/ gagasan dalam bentuk tulisan secara sistematis. Banyak dari tulisan mereka yang tidak efektif dan berbelit-belit dari segi alur ceritanya. Beberapa penelitian lain juga menunjukkan bahwa menulis teks drama sulit dan mengalami beberapa kendala. Seperti penelitian yang dilakukan oleh Kusumawati, dkk (2016) dalam Jurnal pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. penelitian tesebut menyatakan bahwa pembelajaran menulis teks drama mengalami beberapa kendala baik dari faktor siswa maupun guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Penarikan sampel dilakukan dengan tenik random sampling dengan jumlah 19 sampel. Data dianalisis dengan Pertama, memeriksa hasil kerja siswa sesuai dengan rubrik penilaian menulis teks drama. kedua, menentukan skor menulis teks drama. Ketiga, mengubah skor menjadi nilai. Keempat, menentukan nilai rata-rata hitung. Kelima, mendeskripsikan kemampuan menulis teks drama. Keenam, memberikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks drama dengan menggunakan metode mind maping memperoleh nilai rata-rata 80,70. Berada pada rentang 76-85% dengan kualifikasi baik. Penggunaan mind maping terbukti efektif dan inovatif  dalam pembelajaran menulis teks drama.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Zuraida Chairani, Universitas Ekasakti

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

References

Aprinawati, Iis. 2018. Jurnal Basicedu: Penggunaan model peta pikiran (mind mapping) untuk meningkatkan Pemahaman membaca wacana siswa sekolah dasar. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/132. No 1, Vol 2. Diakses januari 2021.

Buzan, Tony. 2011. Buku Pintar Mind Mapping . Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kusumawati, dkk. 2016. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Peningkatan keterampilan menulis naskah drama Melalui media kartu gambar Dengan metode picture and picture. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi. No 5, Vol 1 diakses januari 2017.

Mokat, Jeane Marlyn Travelin. 2017. Jurnal Ilmiah Pro Guru: Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Writing Skill Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. 2017.http://journal2.um.ac.id/index.php/jipg/article/view/19996. No 1, Vol 3. Diakses Januari 2021.

Porter, Bobbi De. 2005. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa

Sani, Ridwan Abdullah. 2013. inovasi pembelajaran. Jakarta : PT bumi aksara.

Suratmi. 2020. Jurnal Pendidikan Madrasah: Mind and Map Method: Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi pada Siswa MTs Negeri 4 Bantul. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPM/article/download/3244/1852. No 1, Vol 5. Diakses januari 2021.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: CV.Alfabeta

Suparno dan Mohammad Yunus. 2012. Keterampilan dasar menulis.Tanggerang Selatan: UniversitasTerbuka.

Downloads

Published

2023-04-18

How to Cite

Marisya, S., & Chairani, Z. (2023). Penggunaan Metode Mind Maping Dalam Pembelajaran Menulis Teks Drama. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 7(1), 42–47. https://doi.org/10.36057/jips.v7i1.581

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.