Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 04 Pasa Gadang Kota Padang

Authors

  • Noni Febriana Universitas Putra Indonesia
  • Lili Rismaini Universitas Putra Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36057/jips.v4i2.405

Keywords:

model pembelajaran, quantum learning, pembelajaran bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas III SDN 04 Pasa Gadang, Kec. Padang Selatan, Kota Padang. Tujuan penelitian ini adalah melihat kontribusi penerapan model pembelajaran berbasis quantum learning untuk meningkatkan motivasi dalam mengerjakan latihan atau tugas dalam buku panduan pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas III SDN 04 Pasa Gadang, kota Padang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan sampel semua siswa kelas III SDN 04 Pasa Gadang, Kota Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling karena kelas sampel yang tersedia terbatas. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Kemudian, hasil analisis instrument menunjukkan peningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia setelah menggunakan model pembelajaran berbasis quantum learning di kelas III SDN 04 Pasa Gadang, Kota Padang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, Saleh. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Depdiknas, Jakarta.

Depdiknas. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Depdiknas, Jakarta.

Firman, Harry. (2000). Penilaian Hasil Belajar dalam Pengajaran. FMIPA UPI, Bandung.

Ghazali, A.Syukur. (2010). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Refika Aditama, Bandung.

Gulo, W. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Grasindo, Jakarta.

Hernowo. (2003). Quantum Reading Cara Cepat nan Bermanfaat untuk Merangsang Munculnya Potensi Membaca. MLC, Bandung.

Nurhadi. (2004). Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca? Sinar Baru Algensindo, Bandung.

Rubin, Dorothy. (1995). Teaching Elementary Language Art an Integrated Approach. Allyn and Bacon, USA.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung

Tomkins, Gail E dan Hoskisson, Kenneth. (1991). Language Arts Content and Teaching Strategies. NewYork: Macmillan Publishing Company. http://media.neliti.com/penerapan/ model pembelajaran quantum learning.pdf. diunduh September 2020.

Downloads

Published

2020-08-05

How to Cite

Febriana, N., & Rismaini, L. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 04 Pasa Gadang Kota Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 4(2), 9–13. https://doi.org/10.36057/jips.v4i2.405