Kepemimpinan Sektor Publik: Studi Mengenai Gaya Kepemimpinan Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Pemerintah Kota Padang

Authors

  • Krismena Tovalini Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) ADABIAH
  • Yulia Hanoselina Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.36057/jips.v5i2.485

Keywords:

Kepemimpinan, Gaya, Manajer, Sector Publik, Bawahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya kepemimpinan manajer di sektor publik. Penelitian ini memfokuskan diri pada gaya kepemimpinan Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Pemerintah Kota Padang.
Gaya kepemimpinan dianalisis menggunakan lima dimensi dalam peranan pemimpin, yaitu pemberian diskresi kepada bawahan, pengambilan keputusan, manajemen konflik, cara mengelola dan memotivasi bawahan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan gambaran yang lebih komprehensif mengenai gaya kepemimpinan.
Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap para pegawai Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Pemerintah Kota Padang dan pengumpulan data melalui sumber-sumber skunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajer publik sudah menerapkan gaya kepemimpinan secara baik dilihat dari segi pemberian diskresi kepada bawahan, pengambilan keputusan, manajemen konflik, cara mengelola dan memotivasi bawahan. Namun, beberapa gaya kepemimpinan dipraktikkan secara berbeda dengan yang berlaku di sektor swasta.
Alih-alih menggunakan insentif yang bersifat ekonomi, manajer lebih cenderung memberikan insentif non-ekonomi kepada para bawahannya. Studi ini memperkaya diskusi mengenai kepemimpinan sektor publik dengan menyediakan kasus pimpinan level puncak pada organisasi publik di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Krismena Tovalini, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) ADABIAH

Ilmu Administrasi Publik

Yulia Hanoselina, Universitas Negeri Padang

 Ilmu Administrasi Negara

Downloads

Published

2021-08-18

How to Cite

Tovalini, K., & Hanoselina, Y. (2021). Kepemimpinan Sektor Publik: Studi Mengenai Gaya Kepemimpinan Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Pemerintah Kota Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 5(2), 60–66. https://doi.org/10.36057/jips.v5i2.485