Penggunaan Teknik Objek Langsung Dalam Menulis Karangan Deskripsi

Main Article Content

Susanti Marisya

Abstract

Keterampilan menulis deskripsi merupakan sebuah keterampilan yang wajib diajarkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia karena tecantum dalam silabus kelas X Sekolah Menengah Atas. Beberapa bukti yang mengatakan bahwa keterampilan menulis deskripsi siswa masih rendah terlihat dalam penelitian yang dilakukan oleh Purbania, dkk tahun 2020 dalam jurnal bahasa, sastra, dan pengajaran vol 8 no 1. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa  kemampuan menulis deskripsi siswa belum baik dan tergolong kategori cukup dengan rentang nilai 61-75. Nilai tersebut belum memenuhi standar KKM Adapun kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran menulis deskripsi, yaitu (1) siswa sulit mengembangkan ide dalam menulis deskripsi, (2) sulit mengembangkan kalimat, (3) siswa sulit menentukan ejaan yang baik dan benar dan sulit berkonsentrasi.


Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan siswa tersebut, guru seharusnya menerapkan suatu teknik dalam pembelajaran sehingga pembelajaran lebih efektif, inovatif dan memberikan stimulus kepada siswa untuk mengembangkan ide dalam menulis sesuai dengan objek yang dilihat. artikel  ini  bertujuan untuk menjelaskan mengenai penggunaan teknik objek langsung dalam keterampilan menulis deskripsi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Marisya, S. (2021). Penggunaan Teknik Objek Langsung Dalam Menulis Karangan Deskripsi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 5(1), 45-50. https://doi.org/10.36057/jips.v5i1.464
Section
Articles