Pemberdayaan Masyarakat di Era Globalisasi

Main Article Content

Devi Anita

Abstract

Dunia sedang mengalami Era Glonalisasi yang ditandai Integrasi perdagangaan global yang melintasi batas batas wilayah dan georafis. Globalisasi sangat mengutamakan kepentingan ekonomi sementara kepentingan lainnya seperti kemanusiaan, perdamian, kebersamaan, demokrasi dan kesejahtaraan sosial cendrung diabaikan. Era Globalisasi memandang bahwa jika ekonomi global berjalan dengan baik maka kegiatan kegiatan yang lainnya juga berjalan dengan baik. Dengan kata lain yang penting ada uang segala urusan dan kebutuhan lainnya dapat diselesaikan.


Tuntutan perubahan zaman ini perlu di siasati dengan prilaku yang dinamis. Individu yang berkualitas adalah individu yang mampu untuk belajar meningkatkan kemampuannya  yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan dan potensi masyarakat. Dengan kata lain setiap individu harus belajar sepanjang hayat. Belajar tidak terbatas dunia ruang kelas atau pendidikan formal saja. Belajar juga dilakukan melalui  media massa atau belajar dari lingkungan dan alam sekitarnya. Sebaliknya jika individu tidak bisa mengikuti perubahan tersebut maka ia akan ketinggalan dan menjadi pecundang di tengah tengah persaingan yang makin ketat dan global.


Globalisasi tidak bisa hindari tetapi bagaimana meningkatkan kualitas hidup, merubah prilaku masyarakat yang dimulai dari mind set indivudu dalam mencapai meningkatkan kesejateraan hidup  semua warga. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kemampuan masyarakat untuk lebih mandiri baik dibidang ekonomi , sosial ,budaya serta dapat merubah prilaku masyarakat ke arah yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Anita, D. (2018). Pemberdayaan Masyarakat di Era Globalisasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 2(3), 60-64. Retrieved from http://e-journal.sastra-unes.com/index.php/JIPS/article/view/338
Section
Articles